Sabtu, 01 Mei 2010

Jet Li Aktor Hongkong Terkenal


Jet Li (lahir di Beijing, Cina, 26 April 1963; umur 46 tahun) merupakan seorang aktor berkewarganegaraan Amerika Serikat kelahiran Beijing, RRC yang hobinya bermain wushu. Dia dilahirkan di Beijing. Dia mulai berkarir di dunia film sejak tahun 1982.
Jet Li, Rekor Aktor Termahal
Bintang film action China Jet Li mendapat bayaran CYN 100 juta (sekitar Rp121, 8 miliar) untuk bermain dalam film baru berjudul The Warlords. Angka fantastis itu sekaligus mengantarkan dia sebagai pemecah rekor aktor termahal film berbahasa Mandarin yang sebelumnya dipegang sendiri lewat Hero. Hampir separo di antara dana sebesar 40 juta dolar AS (sekitar Rp374,8 miliar) yang diinvestasikan di film The Warlords dikeluarkan untuk membayar pemain-pemain terkenal.
Selain Li, film tersebut memasang idola Hongkong, yakni Andy Lau dan Takeshi Kaneshiro. ”Tanpa Jet Li, kami tak berani berinvestasi untuk film berbahasa Mandarin sampai 40 juta dolar AS,” kata sutradara Peter Chan kepada kantor berita Xinhua. Chan menganggap kehadiran Li sebagai jaminan sukses sebuah film secara global. Bermain di Hero, Li mendapat gaji CNY 70 juta (sekitar Rp88,6 miliar). Nama Li, 44, dikenal di sejumlah film, termasuk Romeo Must Die dan Lethal Weapon 4.
The Warlords merupakan epik perang di zaman Dinasti Qing. Film itu akan diluncurkan di bioskop-bioskop Asia pada pertengahan Desember, sedangkan di Amerika Utara pada Maret 2008.
Bintang laga China, Jet Li, merayakan keberhasilannya, Senin, 14/4-2008, setelah terpilih sebagai aktor terbaik pada penghargaan film Hongkong lewat aktingnya dalam film drama “The Warlords”, sebuah penampilan di luar kebiasaannya yang sering membintangi film silat.
Li menyisihkan bintang pujaan Hongkong, Andy Lau, dalam perebutan penghargaan utama tersebut, yang diserahkan dalam acara yang berlangsung meriah dan serba gemerlap Minggu malam, 13/4.

“Jika saya tak banyak membuat film kung fu, barangkali saya telah memenangi penghargaan aktor terbaik pada 20 tahun silam,” ujar Li, yang juga dikenal berkat permainannya dalam film “Fearless” dan “Cradle 2 The Grave” itu. “The Warlords” yang mengambil latar belakang suasana perang pada abad 19 di China dan dengan pemain semua bintang terkenal, juga memborong delapan penghargaan pada malam itu, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik untuk Peter Chan.
Film ini bercerita seputar tiga pendekar pedang bersaudara yang terpaksa saling berhadapan dalam Pemberontakan Taiping pada akhir pemerintahan Dinasti Qing. Li juga menyampaikan permintaan maaf kepada Andy Lau, karena telah memenangi gelar aktor terbaik. Lau mendapat unggulan dalam dua kategori penting dan juga tampil dalam “The Warlords”. “Saya minta maaf. Saya mengkhianati anda,” katanya. Bintang kawakan Hongkong itu menyabet penghargaan aktor pendukung terbaik lewat penampilannya dalam film kejahatan “Protege”, yang juga meraih penghargaan film editing terbaik.

Bekas koloni Inggris itu menikmati warisan film yang kaya pada dasawarsa 1970-an, namun dalam beberapa tahun terakhir pamornya terus meredup, seiring dengan kian merosotnya penerimaan dari box office. Namun demikian, para bintangnya masih memiliki popularitas yang besar dan daya tarik yang tinggi di seluruh Asia
Aktor Jet Li Jadi Duta Kesehatan WHO
Hong Kong, CyberNews – Badan PBB, WHO memilih aktor laga China, Jet Li sebagai duta untuk masalah kesehatan Keputusan ini disampaikan WHO, Jumat (3/4). “Jet Li diharapkan bisa memanfaatkan kepopulerannya di dunia untuk meningkatkan perhatian masyarakat tentang masalah kesehatan termasuk tanggung jawab masyarakat soal keadaan gawat darurat dan kesehatan mental,” jelas WHO dalam pernyataannya. Menurut rencana, Jet Lie akan dipekernalkan sebagai duta kesehatan WHO dalam peringatan Hari Kesehatan Dunia 7 April mendatang di Beijing.
Dirjen WHO Margaret Chan mengatakan keterlibatan Jet Li dalam kegiatan sosial merupakan sesuatu yang sangat besar bagi WHO. Jet Li mendirikan One Foundation untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.
Yayasan ini didirikan setelah ia dan keluarganya selamat dari bencana tsunami 2004 lalu. Saat itu, aktor kelahiran Beijing ini dan keluarganya sedang berlibur di Maladewa, salah satu negara yang terkena dampak tsunami menyusul gempa besar di wilayah Aceh.
Jet Li juga dikenal sebagai sosok yang sangat memperhatikan kesehatan tubuh. “Jika kita tidak peduli dengan tubuh, kita tidak akan bisa berbuat banyak hal. Ini yang kami yakikini dan saya akan berusaha menyebarkan keyakinan ini ke seluruh dunia,” jelas Jet Li. Jet Li memang akrab dengan olahraga karena sejak usia delapan tahun telah berlatih kung fu dan menjadi juara nasional China. Ia kemudian terjun ke dunia film dan berhenti menjadi atlet kung fu
Filmografi

1982
Shaolin Temple
(少林寺 Shao Ling Si) Jueh Yuan (覺遠)
1983
Shaolin Temple 2: Kids from Shaolin
(少林小子 Shao Ling Xiao Zi) San Lung
1986
Born to Defend
Jet
Shaolin Temple 3: Martial Arts of Shaolin
(南北少林 Nan Bei Shao Lin) Zhi Ming
1988
Dragon Fight
(龍在天涯 Long Zai Tian Ya) Jimmy Lee
1989
The Master
Jet
1991
Once Upon a Time in China
(黃飛鴻 Wong Fei Hung)
Wong Fei Hung

Swordsman II
(笑傲江湖之東方不敗 Xiao Ao Jiang Hu Zhih Dong Fan Bu Bai) Ling Wu Chung
1992
Once Upon a Time in China II
(黃 飛鴻之二男兒當自强 Wong Fei Hung 2: Nan er dang zi qiang) Wong Fei Hung

1993
Tai Chi Master
(太極張三豐 Tai Ji Zhang San Feng) Junbao aka Twin Warriors (USA)
Fong Sai-yuk
(方世玉 Fong Sai Yuk) Fong Sai Yuk
aka The Legend
Fong Sai Yuk II
Fong Sai Yuk
aka The Legend 2
The Evil Cult
(倚天屠龍記之魔教教主 Yi tian tu long ji zhi mo jiao jiao zhu) Chang Mo Kei aka The Kung Fu Cult Master
aka Lord Of The Wu Tang
aka Kung Fu Master
Last Hero in China
(黃飛鴻之鐵雞斗蜈蚣 Wong Fei-Hung zhih tieh ji dou wu gong) Wong Fei Hung
aka Claws of Steel
aka Deadly China Hero
Once Upon a Time in China III
Wong Fei Hung

1994
The Defender Allan Hui Ching-yeung/John Chang aka The Bodyguard from Beijing
aka Zhong Nan Hai bao biao
Fist of Legend
(精武英雄 Jing Wu Ying Xiong) Chen Zhen

Legend of the Red Dragon
(洪熙官之少林五祖 Hong Xi Guan Zhih Shaolin Wu Zu) Hung Hei-Kwun

1995
Meltdown
(鼠 胆龍威) Kit Li aka High Risk
My Father is a Hero
(給爸爸的信 Gei Baba De Sing) Kung Wei aka The Enforcer
aka Letter to Daddy
1996
Black Mask
(黑俠 Hei Shia) Michael/Simon/Tsui Chik/Black Mask released 1999 in US
Dr. Wai and the Scripture Without Words
(冒險王 Mao Xian Wong) Chow Si-Kit aka Adventure King
aka The Scripture with No Words
1997
Once Upon a Time in China VI
(黃飛鴻之西域雄獅) Wong Fei-Hung
aka Once Upon a Time in China and America
1998
Lethal Weapon 4
Wah Sing Ku
Hitman
Fu aka The Hitman
aka The Contract Killer
2000
Romeo Must Die
Han Sing
2001
The One
Gabe Law/Gabriel Yulaw/Lawless
Kiss of the Dragon
Liu Jian
2002
Hero
(英雄) Nameless released 2004 in US
2003
Cradle 2 the Grave
Su
2005
Unleashed
Danny aka Danny the Dog
2006
Fearless
(霍元甲 Huo Yuan Jia) Huo Yuanjia
aka Legend of a Fighter
2007

The Warlords
Ma Xingyi
War
Rogue aka “Rogue Assassin” or “Rogue”
2008
The Forbidden Kingdom
(功夫 之王 Gong Fu Zhi Wong) Sun Wukong the Monkey King/Silent Monk
The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor
Emperor Qin Shi Huang

Sumber :http://korananakindonesia.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates